Minggu, 10 Maret 2013

Cara Mudah Mengecilkan Paha

Cara Mudah Mengecilkan Paha


Ingin bergaya dengan celana panjang potongan pas badan, namun tidak percaya diri? Ohoo,, mungkin paha yang kurang proporsional itu penyebabnya. Memang, memiliki paha dengan ukuran yang besar, apalagi terlihat tidak kencang, bisa jadi gangguan tersendiri bagi penampilan Anda. Belum lagi aktifitas Anda yang terganggu karena Anda kurang lincah dan bergerak lebih lambat akibat paha yang besar. Atau saat Anda harus memilih celana dan lagi-lagi terkendala karena ternyata ukurannya tidak pas dan tidak cocok pada paha Anda, tentu sangat merepotkan bukan? Bagaimana kalau mencoba tips berikut?
Kurangi lemak
Aelain perut, lengan, maka paha merupakan salah satu tempat bertumpuknya lemak di badan kita. Untuk itu perlu usaha mengurangi lemak tubuh terutama dari cara konsumsi Anda. Jika Anda makan sehat dan tetap berpegang pada diet Anda, bukan hanya lemak paha yang berkurang tetapi juga pada seluruh tubuh Anda. Nah, mulailah untuk bersahabat dengan berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan ikan. Daging merah, seperti sapi atau kambing tak dilarang, namun lebih baik dikurangi konsumsinya. Jika ingin ngemil cobalah makan biji-bijian dan buah sebagai camilan. Hindari makanan olahan dan juga makanan cepat saji, serta berbagai produk makanan kaya gula.
Dan jangan lupakan konsumsi air mineral, karena air merupakan materi penting dalam penghapusan racun dan kotoran. Selain itu, pada orang-orang yang rentan terhadap dehidrasi retensi air, kondisi ini dapat membuat paha dan kaki tampak lebih bengkak. Satu yang perlu diingat,  jika Anda minum air sebelum Anda makan, Anda akan merasa kenyang dan otomatis nafsu makan dapat lebih mudah ditekan.

Olahraga
Selain anjuran untuk banyak jogging (olahraga berlari), beberapa olahraga yang baik untuk pengecilan paha diantaranya;

  • Fitness/gym
Salah satu olahraga yang dapat melatih otot paha adalah fitness, pastikan tempat fitness yang Anda kunjungi menyediakan alat khusus yang digunakan untuk melatih dan merampingkan glute (bokong bawah), hamstring (paha belakang) dan inner/outer thigh (paha dalam/luar). Alat ini biasanya dinamakan multi-hip machine atau glute machine. Walaupun sering disebut glute machine, namun area otot yang dilatih mencakup paha secara keseluruhan, di mana fungsinya adalah membuat otot lebih lentur dan proporsional juga merampingkan otot paha dan bokong bawah. Sedang inner/outer thigh machine, berfungsi khusus untuk mengencangkan dan merampingkan paha dalam dan luar saja. Mulailah latihan dengan menggunakan alat ini dilengkapi beban sedang, masing-masing variasi gerakan dilakukan sebanyak 3-4 set dengan repetisi 10-15 hitungan.


  • Latihan Cardio
Nah, sebelum anda berlatih dengan beban, baiknya berlatih kardio dulu dengan mengikuti kelas RPM/spinning bike atau lari dengan kecepatan sedang di treadmill selama 20-30 menit untuk melakukan pembakaran lemak tubuh. Atau untuk mendapatkan efek signifikan, mulailah latihan aerobic selama 60 menit setidaknya 14 hari berturut-turut kemudian dilanjutkan liburan atau weekend saja untuk mengimbangi latihan kardio Anda. Bila latihan satu jam setiap hari terasa berat,  Anda dapat  membaginya dalam dua atau empat sesi. Pilihan latihan yang dapat Anda jalani yaitu berjalan, berenang, jogging atau lompat tali.

Rawat kulit paha
Mengecilkan paha, tidak hanya terkait masalah otot atau lemak yang menumpuk pada paha, namun juga soal kesehatan kulit paha, karena tak dapat diremehkan bahwa selulit yang tebal pada paha dapat mencegah absorsi oksigen dengan baik dan memungkinkan kotoran menumpuk. Kotoran yang menumpuk dibawah kulit akan mengikat lemak lebih banyak dan kalori sulit terbakar karena pori-pori yang tertutup kotoran. Biasakan secara teratur membersihkan/ sikat kulit Anda saat keadaan kering (tanpa air dan sabun) lalu kemudian lanjutkan dengan membilasnya sampai bersih saat Anda mandi. Selain itu, dapat pula ditambahkan krim anti selulit setelah mandi untuk membantu meminimalkan kulit jeruk (selulit) kulit.

Berikut gerakan body language untuk melatih otot paha yang dapat Anda lakukan sehari-hari dirumah;

Cara 1

  1.  Lebarkan kedua kaki
  2.  Putar badan kesamping
  3. Tekuk 1 kaki searah dengan arah hadap Anda, dan biarkan kaki lain lurus .
  4. Kunci perut agar badan kita seimbang.
  5. Tumpukan badan pada kaki yang ditekuk
  6. Ayunkan kaki kedepan belakang seperti kita mengayun sepeda.
  7. tetap jaga keseimbangan, usahakan badan kita tidak bergerak mengikuti gerakan kaki.
  8. Lakukuan dengan tahapan pelan – cepat - semakin cepat.
  9. Ulang sebanyak 1-2 set 8-10 hitungan selama 10-15 menit.
Cara 2
  1. Duduk di matras/lantai dengan posisi 1 kaki lurus kesamping dan kaki lain ditekuk.
  2. Condongkan badan kearah kaki yang ditekuk.
  3.  Tumit dalam keadaan poin atau lurus kedepan.
  4. Kunci badan dan perut
  5. Angkat kaki dan turunkan kembali
  6. Ulang sebanyak 1-2 set 8-10 hitungan selama 10-15 menit.
 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More